Cara Membuat Games Memancing dengan Adobe Flash

Selamat malam sobat blogger kali ini saya akan berbagi cara membuat games memancing menggunakan adobe flash. sebelumnya saya telah membagikan beberapa game yang telah saya buat sendiri. dan pada kali ini saya akan akan berbagi tutorialnya. langsung aja ikuti langkah dibawah ini.

Baca Juga :


Langkah 1# buka adobe flash sobat.
Langkah 2# Akan muncul new document, pilih ActionScript, ganti background jika sobat ingin warna lain.
Langkah 3# klik Ok.
Langkah 4# Pada Game yang saya buat saya menambahkan background gambar, caranya memasukkan gambarnya cukup pilih file, Pilih Import > Import ToStage, kemudian pilig gambar yang ingin sobat jadikan bacground. Kira-kira tampilannya seperti gambar dibawah ini jika sobat mengganti backgroundnya.


Langkah 5# lakukan hal yang sama untuk memasukkan gambar ikan, dan gambar pancing, gambar pancing nantinya berfungsi untuk menangkap ikan ketika gamesnya dijalankan. Sobat harus menggunakan dua gambar ikan, usahakan menggunakan gambar ikan yang berbeda. disini saya menggunakan gambar ikan, sobat bisa menggunakan gambar lain dan background lain terserah minat tersendiri.
Langkah 6# Atur tempat dan ukuran kedua gambar ikan tersebut dan gambar pancing, usahakan gambarnya tidak melebihi ukuran layar yang sudah dipilih tadi.
Langkah 7# Perhatikan Petunjuk Ini: Untuk Gambar kedua ikan dan pancing lakukan Convert To Symbol, caranya klik kanan gambar ikan kemudian pilih Convert To Symbol, Untuk gambar ikan pertama beri nama "merah", Untuk Gambar ikan Kedua beri nama "hijau" dan terakhir untuk gambar pancing beri nama "tangan". INGAT cara Convert to symbol harus dilakukan secara satu persatu. Pada saat melakukan convert to symbol jangan lupa centang, dan pastikan namanya sama. lihat gambar dibawah ini.


Langkah 8# Khusus gambar pancing hapus gambarnya jika Convert To symbol telah selesai dilakukan, ini menghindari supaya gambar pancing tidak doble ketika gamesnya dijalankan.
Langkah 9# adalah memasukkan kodingannya (Action Scriptnya), caranya pilih "Window" kemudian pilih "Action" atau langsung tekan F9 pada keyboard sobat. dan masukkan Action Scriptnya dibawah ini.

merahs = 20;
for (x = 1; x < merahs; x++)
{
mer = _root.attachMovie("merah", "merah_" + _root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth());
mer._x = Math.floor(Math.random() * 400) + 50;
mer._y = Math.floor(Math.random() * 200) + 150;
mer._width = Math.floor(Math.random() * 30) + 20;
mer._height = mer._width;
mer.picked = false;
mer.onEnterFrame = function()
{
if (!this.picked)
{
if (tangan_status == "shoot" and this.hitTest(hot_spot_x, hot_spot_y, true))
{
tangan_status = "rewind";
this.picked = true;
slowdown = Math.floor(this._width / 5);
}
}
else
{
this._x = hot_spot_x;
this._y = hot_spot_y;
if (tangan_status == "rotate")
{
this.removeMovieClip();
}
}
};

}
hijaus = 20;
for (x = 1; x < hijaus; x++)
{
hij = _root.attachMovie("hijau", "hijau_" + _root.getNextHighestDepth(), _root.getNextHighestDepth());
hij._x = Math.floor(Math.random() * 400) + 50;
hij._y = Math.floor(Math.random() * 200) + 150;
hij._width = Math.floor(Math.random() * 30) + 20;
hij._height = hij._width;
hij.picked = false;
hij.onEnterFrame = function()
{
if (!this.picked)
{
if (tangan_status == "shoot" and this.hitTest(hot_spot_x, hot_spot_y, true))
{
tangan_status = "rewind";
this.picked = true;
slowdown = Math.floor(this._width / 5);
}
}
else
{
this._x = hot_spot_x;
this._y = hot_spot_y;
if (tangan_status == "rotate")
{
this.removeMovieClip();
}
}
};

}
_root.attachMovie("tangan","tangan",_root.getNextHighestDepth(),{_x:250});
_root.createEmptyMovieClip("rod",_root.getNextHighestDepth());
rotation_dir = 2;
tangan_status = "rotate";
slowdown = 0;
tangan.onEnterFrame = function()
{
switch (tangan_status)
{
case "rotate" :
this._rotation += rotation_dir;
if (this._rotation == 80 or this._rotation == -80)
{
rotation_dir *= -1;
}
break;
case "shoot" :
slowdown = 0;
this._x += 10 * Math.cos(dir);
this._y += 10 * Math.sin(dir);
hot_spot_x = this._x + 40 * Math.cos(dir);
hot_spot_y = this._y + 40 * Math.sin(dir);
if (hot_spot_y > 400 or hot_spot_x < 0 or hot_spot_x > 500)
{
tangan_status = "rewind";
}
rod.clear();
rod.lineStyle(1,0x000000);
rod.moveTo(250,0);
rod.lineTo(this._x,this._y);
break;
case "rewind" :
hot_spot_x = this._x + 40 * Math.cos(dir);
hot_spot_y = this._y + 40 * Math.sin(dir);
this._x -= (10 - slowdown) * Math.cos(dir);
this._y -= (10 - slowdown) * Math.sin(dir);
if (this._y < 0)
{
this._y = 0;
this._x = 250;
tangan_status = "rotate";
}
rod.clear();
rod.lineStyle(1,0x000000);
rod.moveTo(250,0);
rod.lineTo(this._x,this._y);
break;
}
};
_root.onMouseDown = function()
{
if (tangan_status == "rotate")
{
dir = (tangan._rotation + 90) * 0.0174532925;
tangan_status = "shoot";
}
};

Langkah 9# coba jalankan Gamesnya caranya klik "CTRL+Enter"
Finish...

Sekian tutorial membuat games memancing kali ini semoga bermanfaat, jika dalam pembuatan games di atas ada yang mengalami kesulitan silahkan tinggalkan comment dibawah.😄


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close